Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) mulai dilaksanakan pada bulan Mei 2014 yang dimulai dengan pembuatan brosur LKTI dan penyusunan rubrik penilaian. Brosur disebarluaskan di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan semua Perguruan Tinggi Agama Islam melalui Pusat Studi Gender/Anak di masing-masing universitas. Selain itu brosur juga disebarluaskan kepada universitas-universitas lain terutama di Jakarta.

Tema yang diangkat pada LKTI ini adalah tema terkait isu gender dan anak mengingat PSGA memiliki amanah untuk mengusung kedua isu ini. Jumlah total peserta lomba ini sebanyak 48 orang (28 mahasiswa dan 18 dosen). Untuk kategori mahasiswa, semua peserta berasal dari UN Syarif Hidayatullah Jakarta, sedangkan untuk dosen lebih beragam. Mereka datang dari berbagai pergururuan tinggi agama Islam di luar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mulai dari IAIN Sumatera Utara, STAIN Bukittinggi dan beberapa universitas lain di pulau Jawa. Keikutsertaan peserta dari berbagai daerah ini menunjukkan adanya respon positif dari kalangan akademisi baik di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta maupun di luar, baik di kalangan dosen maupun mahasiswa.

Dewan juri yang terlibat dalam kegiatan ini memulai kegiatannya dengan menyusun rubrik penilaian yang sebelumnya sudah disusun oleh tim PSGA. Dewan juri memberikan masukan-masukan untuk memperbaiki rubrik penilaian. Masing-masing naskah artikel dari dosen dibaca dan dinilai oleh 2 orang juri. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan penilaian yang lebih objektif. Naskah dari mahasiswa dibaca dan dinilai oleh 1 orang juri karena keterbatasan dana yang ada.

Setelah melalui proses seleksi dan diskusi yang cukup panjang, dewan juri bersama tim PSGA akhirnya bisa menentukan pemenang lomba. Berikut adalah nama-nama pemenang lomba yang sudah disahkan oleh Kepala PSGA selaku penanggungjawab kegiatan.

 

  1. Pemenang Kategori Dosen

JUARA I : “Kontribusi NU dalam Gerakan Keadilan Gender” oleh : Jamal Ma’mur (Dosen STAI Mathali’ul Falah-Pati)

JUARA II : “Nilai-nilai Kesetaraan Gender dalam Dolanan Anak Tradisional” oleh : Azam Syukur Rahmatullah (Dosen IAINU Kebumen)

JUARA III : “Keluarga Ramah Anak: Signifikansi, Stategi dan Implementasi” oleh: Ngainun Naim (Dosen IAIN Tulung Agung)

 

  1. Pemenang Kategori Mahasiswa

JUARA I : “Urgensi Pemberdayaan Perempuan Miskin di Pedesaan” oleh Safaah Restuning Hayati (Mahasiswa SPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

JUARA II : “Merekonstruksi Perlindungan Anak dengan Memperkuat Peran Strategis Mamak terhadap Kemenakan dalam Masyarakat Adat Matrilineal Minangkabau di Sumatera Barat” oleh Susi Ratna Sari (Mahasiswa Universitas Negeri Padang)

JUARA III : “Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) sebagai Upaya Awal Pengentasan Candu Rokok pada Anak” oleh Ahmad Hamdani, Raden Rizka Pratiwi dan Rinanda Rizkiarti (Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

 

Naskah-naskah yang masuk dalam LKTI ini kemudian dipilih oleh tim PSGA untuk dijadikan bahan tulisan jurnal HARKAT, jurnal yang diterbitkan oleh PSGA. Pada tahun 2014 ini PSGA berhasil mencetak 2 edisi yang bersumber dari tulisan-tulisan yang masuk.