Workshop Pengelolaan Daycare

Kegiatan workshop Pengelolaan daycare yang bertempat di Hotel T Jakarta Selatan dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 3 – 5 oktober 2014. Kegiatan ini diikuti oleh 28 peserta yang berasal dari lingkungan UIN seperti dosen, pegawai, dan Pengelolaan daycare juga mengundang dari sekolah TK yang berada di sekitar UIN seperti TK Salman. Selain itu juga mengundang dosen dari Universitas di sekitar UIN seperti UMJ dan UHAMKA.

Pada hari pertama, registrasi dibuka setelah jam makan siang. Peserta mendaftar dan dibagikan kamar untuk menginap. Acara workshop dibuka oleh ketua PSGA yang sekaligus memberi sambutan kepada peserta. Selanjutnya, materi pertama diisi oleh narasumber yang merupakan psikolog dan Kepala Sekolah TK Mumtaza, yaitu Pungki Nahyu, M.Psi. Beliau menyampaikan materi mengenai pembuatan kurikulum untuk anak-anak usia 2 – 4 tahun. Peserta antusias dalam menerima materi, ditandai oleh banyaknya pertanyaan yang diajukan dalam sesi tanya jawab. Materi selanjutnya adalah materi dari pihak PAUD Kemdikbud yang menyampaikan mengenai kebijakan-kebijakan untuk mendirikan PAUD. Peserta juga tampak antusias dalam menerima materi tersebut. Acara selanjutnya adalah diskusi mengenai pembuatan SOP yang dilakukan hingga malam hari.

Pada hari kedua, acara dimulai sejak jam 8 pagi dengan pengayaan mengenai pengasuhan dari berbagai perspektif. Materi workshop pertama adalah mengenai pengasuhan dari sudut pandang kesehatan yang diisi oleh dokter anak dr. Riva Auda, Sp.A. Beliau menyampaikan materi mengenai berbagai penanganan jika anak menunjukkan gejala-gejala sakit. Kemudian dilanjutkan oleh pemaparan dari psikolog Ella Nurlaela mengenai pengasuhan dari perspektif psikologi. Setelah itu, peserta diberikan pengayaan lebh lenjut mengenai pengasuhan dari perspektif agama Islam yang diberikan oleh DR. Faizah Sibromalisi. Melalui materi pengasuhan ini para Pengelolaan daycare dan juga peserta lainnya mendapatan wawasan bagaimana pengasuhna dan juga bagaimana berinteraksi dengan anak. Selain materi tersebut, pada hari ini peserta melanjutkan diskusi mengenai visi misi daycare dan juga melanjutkan diskusi pembuatan SOP, hingga malam hari.

Pada hari ketiga, peserta melanjutkan diskusi mengenai struktur organisasi daycare. Salah satu peserta yang merupakan pengguna jasa daycare waktu ia tinggal di Jepang juga berbagi cerita dan pengalaman mengenai daycare yang ada di Jepang. Berdasarkan cerita yang disampaikan, menjadi bahan diskusi bagi peserta untuk menetapkan aturan, dan juga berbagai hal teknis lainnya yang dapat diterapkan nantinya di daycare UIN Jakarta.

Selama 3 hari melakukan fullboard meeting, seluruh peserta tampak antusias untuk mengikuti kegiatan. Hal tersebut ditandai dengan partisipasi aktif dari setiap peserta. Mereka senantiasa memberikan pertanyaan, berbagi ide pikiran dan juga informasi untuk membantu merealisasikan daycare UIN.

Acara workshop ditutup pada hari ketiga oleh ketua PSGA, DR. Sururin. Kemudian dilanjutkan dengan acara foto bersama dan juga pembagian sertifikat bagi peserta.

Demikian gambaran dari jalanya Workshop Pengelolaanan Daycare UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah dilaksanakan, semoga bermanfaat baik dalam kehidupan akademik maupun kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat. Amin.